Fungsi Kepala Silinder yang Berperan Penting Menutup Ruang Bakar Mesin dari Atas

Cylinder head - Wikipedia

Anda dapat menemukan segala macam informasi tentang paking kepala, dan banyak pemilik mobil mengetahui fungsinya, tetapi lebih sedikit yang tahu tentang kepala silinder itu sendiri. Itu sebabnya kami mengumpulkan semua yang perlu Anda ketahui tentang kepala silinder. Pelajari bagaimana kepala silinder di mobil Anda bekerja, mengapa itu penting, dan cacat apa yang bisa terjadi.

Tugas utama kepala silinder adalah untuk menutup ruang bakar mesin dari atas. Bagian atas mesin disebut kepala silinder, sedangkan bagian bawah adalah blok mesin. Kepala silinder duduk di mesin dan menutup ruang bakar. Kesenjangan yang tersisa antara kepala silinder dan mesin diselesaikan oleh paking kepala.

Apa itu Kepala Silinder?

Kepala silinder biasanya terletak di bagian atas blok mesin. Ini berfungsi sebagai wadah untuk komponen seperti katup masuk dan buang, pegas dan lift dan ruang pembakaran. Halaman ini mencakup fungsi utama dan berbagai desain kepala silinder, serta penyebab dan gejala kegagalannya.
Sebagian besar kepala silinder OEM (pabrikan peralatan asli) terbuat dari besi tuang. Kepala silinder yang terbuat dari besi cor lebih tahan lama dan lebih murah. Namun, besi tuang berat dan memberikan efisiensi yang lebih rendah dalam membuang panas. Untuk alasan ini, beberapa produsen lebih suka menggunakan kepala silinder yang terbuat dari aluminium. Kepala silinder ini jauh lebih ringan dari kepala silinder besi. Mobil performa dan mobil balap umumnya memiliki kepala silinder aluminium.

Mobil dengan mesin inline (lurus) memiliki satu kepala silinder dan mobil dengan mesin V memiliki dua kepala silinder, satu untuk setiap bank silinder. Dalam beberapa kendaraan, di mana bank silinder sangat dekat dengan mesin V, hanya satu silinder yang dibutuhkan. Kendaraan industri besar mungkin memiliki satu kepala per silinder. Ini membuat penggantian kepala silinder jauh lebih terjangkau.

Jenis Kepala Silinder

Kepala Cylinder Flathead: Ini adalah jenis kepala silinder pertama. Kepala silinder Flathead cukup melindungi blok silinder dan tidak memiliki bagian yang bergerak. Kepala silinder ini tidak memungkinkan aliran udara yang efisien, dan karenanya memberikan kinerja mesin yang buruk.

Kepala Silinder Katup Kepala: Kepala silinder ini lebih unggul daripada kepala silinder flathead. Kepala silinder katup kepala memiliki camshaft di atasnya. Head ini memiliki pushrod dan katup mereka yang terhubung untuk memberikan aliran udara yang lancar.

Overhead Camshaft Cylinder Heads: Ini adalah desain kepala silinder yang paling canggih. Overhead camshaft cylinder head memiliki camshafts di dalam cylinder head, menghilangkan kebutuhan pushrods. Ini memberikan aliran udara yang lebih baik, dan pada gilirannya, meningkatkan efisiensi mesin.

Masalah pada Kepala Silinder dan Gejala-gejalanya

Masalah yang paling umum dengan kepala silinder adalah retakan yang terjadi sering karena mesin terlalu panas. Kepala silinder yang retak dapat bocor cairan pendingin, sehingga engine akan gagal mendingin secara efisien. Hal ini menyebabkan mesin mengalami panas berlebih. Ketika kepala silinder retak, itu juga akan menyebabkan minyak bocor ke dalam ruang bakar. Ini dapat merusak mesin dan dapat menyebabkan perbaikan mahal untuk mesin. Dalam banyak kasus ini, seluruh mesin harus diganti. Gejala lain dari kepala silinder yang buruk termasuk kinerja mesin yang buruk dan mesin macet.

Ketika sebuah mobil kepanasan, banyak orang mengisi air di radiator tanpa berusaha mempersempit masalah yang sebenarnya. Ini juga dapat menyebabkan kepala silinder retak, karena ketika air ditambahkan, itu mengakibatkan perubahan suhu yang cepat.

komponen kepala silinder dalam mesin bensin 

  • Saluran masuk dan buang: Ini memastikan bahwa gas buang dapat keluar dari silinder dan campuran udara-bahan bakar yang diserap bisa masuk ke dalam silinder
  • Katup masuk dan buang: Di sinilah mesin bensin menyedot campuran udara-bahan bakar, sementara gas buang secara bersamaan diangkut ke sistem pembuangan
  • Camshafts: Crankshaft yang digerakkan oleh timing belt menggerakkan camshafts. Camshafts bertanggung jawab untuk membuka dan menutup katup
  • Injector: Mereka memastikan bahwa bahan bakar disuntikkan ke dalam ruang bakar
  • Busi: Mereka memulai pembakaran bahan bakar

komponen kepala silinder dalam mesin diesel

  • Saluran masuk dan buang: Memungkinkan gas buang keluar dari silinder dan memungkinkan campuran bahan bakar udara yang masuk ke dalam silinder
  • Katup masuk dan buang: Kendaraan diesel menghisap udara melalui katup masuk dan buang sementara gas buang secara bersamaan diangkut ke sistem pembuangan
  • Camshafts: Crankshaft yang digerakkan oleh rantai timing menggerakkan camshafts. Camshafts bertanggung jawab untuk membuka dan menutup katup
  • Injector: Ini menyuntikkan bahan bakar dalam mesin diesel ke ruang bakar atau antechambers
  • Glow plugs: Mereka bertindak sebagai bantuan start dingin

Comments